Sabtu, 05 Desember 2015

Wisata Pantai Rupat


Posisi Gografis

Pulau Rupat merupakan sebuah pulau yang terletak di provinsi Riau di dalam kuasa pemerintah kabupaten Bengkalis, yang posisi geografisnya terletak dihamparan selat malaka antara Dumai di daratan sumatra dan port Dickson maupun Malaka di daratan semenanjung Malaysia.
Pulau ini sebetulnya terdiri dari 3 pulau terpisah yang dihubungkan melalui dua jembatan yang pangjangnya kurang lebih 200meter. Pulau Rupat terdiri dari dua kecamatan yaitu kecamatan Rupat Selatan dengan ibukota Batu Panjang, dan kecamatan Rupat Utara dengan ibukota Tanjung Medang.

 

Pantai Rupat

Pantai yang menjadi andalan pulau rupat adalah pantai yang berlokasi di wilayah rupat utara, salah satu ciri pantai rupat utara adalah berupa hamparan pasir keputihan yang luas, bersih dan padat yang membentang sepanjang 12km dari posisi timur Cingam di Tanjung Punak melingkar ke utara melalui Tanjung Lapin bertaut dipuncak utara yaitu pantai Teluk Rhu lalu melilit sedikit ke arah barat sampai wilayah Tanjung Medang dan Sungai Akar, keadaan ombak tenang dan tidak besar sehingga aman untuk berenang, sunset dan sunrise nya yang indah bisa kita saksikan terutama kesempurnaan sunrise khususnya di pantai Teluk Rhu karena posisinya hampir sempurna paling utara.

 

Akses Menuju Pantai Rupat

Mengunjungi pulau rupat dapat dilakukan dengan cara:

-Naik ferry dari kota Dumai menuju Tanjung Medang dan dilanjutkan dengan naik ojek ke Teluk Rhu dalam jerak beberapa kilometer saja.
-Naik darat, dari Dumai menyebrang selat rupat menuju Rupat selatan menggunakan roro dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Rupat utara.

 

Akses Laut

Cara ini cukup bagus dan menghemat waktu, dan cara ini mungkin cara terbaik untuk back packer maupun bila anda berangkat secara rombongan hingga jumlah kapasitas maksimal ferry yaitu 60 orang. Bila anda berangkat secara rombongan yang terbaik adalah carter ferry, maka anda bisa berlabuh langsung di pantai Wisama Mutiara dan bisa pula menambah destinasi anda ke pulau kecil berpasir putih dengan air jernih yaitu pulau Beting Aceh. Jadwal ferry adalah dua kali dipagi hari (08:00, 09:00) dan sekali disore hari(15:00) dari Tj Medang ke Dumai dan sebaliknya sekali pagi dan dua kali sore arah kebalikan nya dengan waktu tempuh satu jam lebih. Tarif ferry seharga Rp100.000,- dan perjalanan dilanjutkan dengan ojek ke Teluk Rhu dikisaran harga Rp25.000,-

 

Akses Darat

Dari Dumai menyebrang selat rupat menuju Rupat selatan menggunakan roro dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Rupat Utara.dengan waktu tempuh 30 menit diluar waktu antri roro.
Waktu antri, loading dan unloading roro tergantung ketersediaan jumlah roro, saat pergi dan peak season waktu tunggu anda bisa dikisaran 3 hingga 4 jam untuk kondisi saat ini,dan biasanya jadwal penyebrangan akan ditambah hingga jam 9 atau 10 malam, sementara diakhir pekan biasanya bisa langsung, atau paling lama menunggu 1 jam.
Dalam operasi normal jumlah roro ada 2 unit yang dioperasikan dengan cara berlawanan arah, satu berangkat dan satu datang, saat ini desember 2015 ferry pertama berkapasitas 8 hingga 9 mobil, dan ferry ke dua berkapasitas 20 hingga 22 kenderaan.
Roro beroprasi dari jam 07:00 pagi s/d jam 17:00 dengan interval kurang lebih satu jam, pelabuhan roro berada dikawasan pelabuhan TPI Dumai, harga tiket kenderaan pribadi Rp100.000,- penumpang Rp7000,- Selanjutnya perjalanan darat dipulau Rupat diawali dari Rupat Selatan menuju kawasan pantai Rupat Utara pantai Teluk Rhu yang jaraknya 84 km yang dapat ditempuh selama 2-2,5  jam perjalanan dengan kondisi jalan yang ada saat ini.
Kondisi ruas jalan saat ini berupa aspal beton (rigid) yang sedang dalam penyelesaian, pada bulan desember 2015 keadaannya 65% sudah dirigid, 35% masih dalam keadaan pengerasan(base).
Petunjuk arah menuju Rupat Utara sudah tertata dengan baik seiring pekerjaan infrastruktur jalan , dan tanpa petunjuk arahpun bila kita mengikuti ruas jalan poros, maka tidaklah sulit untuk mencapai pantai Teluk Rhu, akan tetapi bila perjalanan anda malam hari, maka perlu waspada dengan petunjuk arah, sementara faktor keamanan sejauh ini menurut masyarakat setempat sangat aman.
Set lah odometer kenderaan anda di nol saat menginjak daratan di Rupat selatan, maupun saat arah balik.Selanjutnya yang perlu dicermati adalah pada km 73 atau 11 km menjelang pantai Teluk Rhu, kita menjumpai simpan empat, arah kanan ke Pelabuhan Kadur, arah kekiri adalah arah menuju ibukota kecamatan Rupat Utara yaitu Tanjung Medang dan juga arah menuju Pantai Teluk Rhu, sedangkan arah lurus adalah juga arah ke Pantai Teluk Rhu dan Tj Punak.
Keduanya berjarak hampir sama sekitar kurang dari 11 km menuju Pantai Teluk Rhu, kondisi terakhir desember 2015 jalur arah kiri menuju menuju Tj Medang kondisi jalan nya sedikit lebih baik waiaupun terasa sepi sekali dimalam hari dibandingkan arah lurus yang bakal menjadi jalan poros menuju Teluk Rhu.

Tabel km berikut dapat dijadikan referensi panduan perjalanan darat di pulau rupat.


Km Pergi Km Pulang Petunjuk Penting arah pergi, arah pulang adalah kebalikannya
78,8 3,2 Arah kiri ke Pelabuhan  Tj Medang via jembatan pendek, ambil arah kanan menuju Teluk Rhu
76,8 5,2 Arah lurus ke Tj Medang, ambil arah kanan ke Teluk Rhu (jalan nya menyempit),dilanjutkan belok kanan
73 11 Simpang empat Kadur (Tj Medang, Teluk Rhu, Kadur), ambil arah kiri arah Tj Medang (disarankan), pilihan kedua lurus
71,6 12,4 Jembatan panjang(200m) Kadur
60,5 23,5 Jembatan panjang(200m) Teluk Lecah
30,4 53,6 Jembatan pendek dengan lampu Solar Sel
12 72 Awal jalan baru
0 84 awal akhir
76,8-84 0-3,2 Rigid lama jalan desa
30,5-59,2 24,8-53,5 Rigid baru terputus putus pendek
20-28 56-64 Rigid baru terputus putus pendek
0-16 68-84 Rigit Lama jalan kecamatan
Sisanya jalan pengerasan (base)

Pantai rupat saat ini masih termasuk pantai asli yang belum dikelola secara bisnis, infrastruktur jalan baru dibangun dengan proyek multiyear oleh pemkab Bengkalis dengan maksud mengembangkan pulau rupat menjadi andalan kawasan wisata dimasa mendatang. Menjadikan pantai Rupat sebagai tujuan khusus bagi wisatawan diluar kota Dumai untuk saat ini tentulah belum memuaskan karena masih minimnya kemasan sarana wisata disitu, ia harus dikemas dengan destinasi lain yang searah menuju Rupat misalnya Pekanbaru citytour dan kuliner, lalu wisata sejarah di Siak Sri Indrapura dan situs  Laksamana Raja Dilaut di kecamatn Bukit Batu. Sampai dengan kondisi terkini 2015, wisata ke pulau Rupat masih dapat kita katakan sebagai wisata sambil ber adventure ringan, dan itu bisa juga sebagai daya tarik bagi sebagian kalangan.

Gerbang wisata menuju rupat adalah kota Dumai, sehingga bagi pengunjung dapat memilih beberpa cara akses menuju Rupat sebagai berikut:

-Wisatawan dari arah sumatra bagian barat dan selatan sumatra, destinasi adalah Pekanbaru -Istana Siak Sri Indrapura (2jam) - Siak Tenggayun (situs Laksamana Raja Dilaut, dan beberapa Kelenteng besar) via Sei Pakning (1,5jam) - Tenggayun - Dumai (40 menit) - Rupat.
           catatan, jangan lupa anda berhenti di kota sei pakning membeli minuman kopi dibungkus plastik siap diminum di kedai kopi warga keturunan Tionghoa dengan harga 4 ribu rupiah satu bungkus yang ada disepanjang jalan Sudirman Sei Pakning. Kedai kopi disini selalu ramai karena tradisi baik untuk nongkrong maupun dibungkus. Ciri khas kopi bungkus disini agak encer namun tetap enak dan nikmat untuk diminum setelah dingin sekalipun, cara meminum kopi bungkus adalah sedikit demi sedikit hingga 6 jam kedepan pun tetap ok. Kopi bungkus ini pun menjadi tradisi pekerja minyak lapangan menenteng kopi ke tempat kerja mereka.

-Wisatawan dari arah sumatra bagian utara, destinasi adalah kota dumai-rupat, atau bila dikembangkan bisa memilih alternatif dumai-siak-dumai-rupat.

-Wisatawan dengan jalur penerbangan dapat memilih Pekanbaru atau Dumai sebagai base, hanya saja penerbangan menuju Dumai terbatas dan hanya tersedia sekali sehari weekday Jakarta-Dumai.

Informasi Penginapan

Pada saat ini untuk penginapan dikawasan Teluk Rhu dan Tanjung Lapin baru tersedia dua wisma yang sudah dikelola secara bisnis, harga kamar AC Rp250.000,-, selebihnya berupa rumah penduduk yang difungsikan sebagai homestay tinggal bersama satu rumah dengan penduduk, dimana kamar yang ditawarkan seharga 100rb-150rb per kamar. Untuk homestay kebanyakan posisinya diseberang jalan menghadap ke laut, tetapi ada juga disisi membelakangi pantai, untuk itu perlu di konfirmasi agar sesuai dengan harapan kita.

-Wisma Mutiara  Teluk Rhu 0813 6598 0454, 0813 6544 8113, posisi menghadap ke laut dengan jumlah kamar l/k 20 kamar

-Wisma Lapin Tj Lapin, 0852 6544 6405, wisma ini termasuk baru lokasinya dipinggir jalan poros, tidak ditepi pantai,

-Home Stay :

0823 8901 2164 rumah Pak Man
0813 6592 8800 rumah Pak Nazar
0812 6139 1715 rumah Pak Mansur
0853 5612 2330 rumah Pak Hendrik
0852 7124 7287 rumah Pak Edi
0823 8350 6128 rumah Pak Syafri
dll..


Yang Perlu Anda Siapkan

Beberapa hal dalam perjalanan darat perlu anda persiapkan dalam membuat perjalanan ke Rupat, antara lain:

-Kenderaan anda sebaiknya dengan tinggi kolong minimal sekelas mobil avanza agar anda tidak banyak membuang waktu berhenti turun naik untuk memeriksa bisa atau tidaknya lewat dibeberapa titik jalan cekung yang belum ada box culvet nya, mobil rendah seperti sedan mungkin sedikit lebih baik nasib nya dari pada mobil panjang tetapi rendah
-Periksa kesiapan kenderaan anda
-Isilah bahan bakar penuh di Dumai sebelum menyebrang ke Rupat, karena tidak terdapat SPBU di pulau Rupat
-Untuk perjalanan rombongan menginap satu malam, disarankan membawa bekal paling tidak lauk pauk, nasi bisa di masak menggunakan rice cooker. Saat ini sudah tersedia dua rumah makan/sarapan sederhana dengan harga dikisaran Rp10.000,- dan Rp15.000,- untuk sarapan dan makan yang cukup murah bukan?..

Sarana rekreasi penunjang di pantai antara lain:
# Banana boat, harga Rp200.000 per trip
# Jet Ski, harga Rp200.000,- per 20 menit
# Perahu layar dan Selancar layar
# Trip ke pulau kecil Beting Aceh dengan waktu tempuh 20 menit, yang berpasir putih dan berair jernih, dengan boat kapasitas 15 orang seharga Rp1.000.000/ nego

Saran kami untuk Kebersihan

Kata kunci untuk kepuasan wisatawan adalah Kebersihan Pantai dan Kebersihan Kamar Mandi di setiap Penginapan.
Terkadang sehabis masa peak season seperti tradisi Syafar dan Syawal idul Fitri kebersihan pantai mutlak dipelihara setiap hari, jangan sampai sampah botol plastik dan sampah kantong plastik menjadikan nilai pemandangan  pantai ini tidak berarti lagi.. dan itu bisa menjadi kesan buruk serta dapat mematikan promosi, tadinya berniat penuh antusias akan datang kedua kalinya dengan mempromosikan dari mulut ke mulut kepada kawan dan saudara, eh taunya gak jadi ahh,!!...siapa yang akan rugi? masyarakat dan pemerintah setempatkan??...

        ###### SELAMAT BERWISATA DAN ADVANTURE RINGAN KE PULAU RUPAT ######







Riau Tourism Map


                                                  (Under Costruction !!!)

5 komentar:

  1. Terima kasih atas info. Nak tanya ada transport direct pergi rupat dari Malaysia?

    BalasHapus
  2. kental bnaget yahh suana melayunya ... hehehhe .. nak ke sana lahh
    salam: Wisata Dan Rental

    BalasHapus
  3. Kami dari malaysia nak ke sana,
    contant number ( WhatsApp ) please !
    Transport/supir
    Penginapan
    Guide


    BalasHapus
  4. penjelasan nya jelas benget, top dah

    BalasHapus
  5. Suatu saat ingin ke rupat... 😀😀

    BalasHapus